Profesi Dan Hobi Jalan Bareng, Kenapa Enggak?

“Do what you love, love what you do”

Entah kenapa, saya sangat menyukai quote ini. Bagi saya, hidup itu bukan hanya sekadar hidup. Itu semua soal passion. Nama saya Iwan Afandhi atau lebih akrab dikenal dengan nama Iwan. Saya adalah seorang animator di salah sebuah perusahaan animasi di Semarang. Saya memilih profesi ini karena saya memang tergila-gila dan begitu mencintai dunia animasi. My life feel so complete ketika saya berkutat dengan imajinasi yang mewajibkan saya terus dan terus berinovasi sepanjang waktu.

Selain sebagai seorang animator, di kantor saya juga merangkap sebagai seorang desainer dan juga programmer. Baru sekitar satu tahun lamanya, bos saya meminta saya untuk membantu urusan program kantor. Awalnya semuanya berjalan lancar, sampai akhirnya semuanya kacau.

Ya, saya kehilangan ‘kesenangan’ saya di dunia animasi karena mau tidak mau saya harus bisa switch saat mengerjakan animasi atau memrogram sebuah project pemograman. Berat memang karena hal ini tidak hanya merenggut passion yang memang selama ini bisa membuat saya lupa waktu. Hal ini juga memaksa saya untuk memiliki device yang lebih mumpuni karena jika saya membuka software animasi dan pemograman secara bersamaan tanpa memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni, kacau! Pasti semuanya bakalan kacau parah!

Saya mulai membagi waktu pekerjaan dan hobi supaya lebih seimbang. Yes, i’m gonna be switchable. No, i have to be a switchable one. Jadi orang yang memiliki banyak task alias multi tasking tentu harus diimbangi dengan kebijakan yang bisa membuat saya tetap enjoy dan happy meski kerjaan sedang banyak-banyaknya.

Kemudian saya berpikir, device apa yang bisa menunjang pekerjaan dan hobi saya secara bersamaan, ya? Saya terus mencari dan mencari referensi dari internet. Sampai pada akhirnya, muncullah sebuah headline di internet dengan keywordNotebook Hybrid Terbaik”, Acer Switch Alpha 12:

Kenapa saya mencari notebook hybrid? Jelas, dengan notebook hybrid, hobi dan pekerjaan saya  akan jauh lebih bisa ter-handle dengan sempurna. Pasalnya, notebook ini kan nggak cuma bisa saya pakai untuk laptop (satu fungsi saja), tetapi juga bisa saya gunakan dalam mode tablet. Nah, itu artinya, dalam mode laptop saya bisa menggunakan laptop Switch Alpha 12 ini untuk ngoding (bahasa kerennya programmer ini mah hehehe) dan mode tablet untuk menggambar ilustrasi karakter cikal bakal animasi yang harus saya buat.

Sebenarnya sudah banyak perangkat yang menawarkan keunggulan mirip dengan Acer Switch Alpha 12, sih. Tetapi, saya tetap saja ingin sekali menjadikan notebook hybrid ini sebagai pacar kedua saya karena keunggulan yang ia miliki. Apa saja sih memangnya sampai saya bisa jatuh cinta dengan device ini? Lets check this out ya, guys!

Notebook 2 in 1, Jadi Tablet Oke, Jadi Notebook Perfect.

Sebenarnya sih saya suka nyebutnya 3 in 1. Soalnya Notebook bisa, Tablet bisa, Canvas digital juga bisa! Paket komplit deh pokoknya kalau pakai Acer Switch Alpha 12! Nggak perlu nenteng-nenteng perangkat banyak-banyak karena pakai 1 saja sudah cukup.

Sistem Pendingin Tanpa Kipas

Teknologi selanjutnya yang mengundang decak kagum adalah keberadaan sistem pendingin yang tidak lagi menggunakan sistem kipas, melainkan sudah melompat menggunakan teknologi cairan pendingin ajaib. Acer menamakannya sebagai LiquidLoop TM.

Cairan ini tentu bakalan membuat notebook Switch Alpha 12 jadi nggak bising. So, kalau pas lagi deadline menggila, saya nggak perlu khawatir keganggu dengan suara bisingnya, deh!

Teknologi Fanless

Keuntungan dari teknologi yang fanless ini, suaranya senyap, sangat bagus untuk para desainer ataupun ilustrator atau blogger yang butuh keheningan untuk menjaga konsentrasi. Terus, jangan khawatir overheat. Karena cairan pendingin dari LiquidLoop TM ini sudah mumpuni untuk membuang jauh-jauh panas yang muncul.

Desain yang Revolusioner

Satu lagi yang nggak semua notebook punya adalah desain yang revolusioner. Pakai Switch Alpha 12, saya sudah bisa mendapatkan semua hal, seperti notebook yang bisa digunakan sebagai tablet, kickstand, dan keyboard docking.

Otaknya Cerdas, Man!

Nah, selanjutnya bicara otaknya. Acer Switch Alpha 12 ini sudah ditenagai prosesor Intel® Core™ generasi ke-6. Acer sendiri sudah mengeluarkan dua varian, yakni Intel Core i5 dan Intel Core i7. Ditambah dengan pilihan memori, RAM 4 GB dan 8 GB. Ini mah sudah cukup banget untuk menunjang kebutuhan saya akan kebutuhan software animasi dan program yang lumayan berat.

Full Touch Screen

Nih, buat yang masih cari referensi, Switch Alpha 12 ini memiliki full layar sentuh berukuran 12″ dengan panel IPS dan resolusi qHD 2160 x 1440. Serasa menggambar di kertas A4+, pokoknya! So, sudah pasti nyaman banget ketika dipakai. Bahkan, bisa jadi kalau saya punya ini, sketchbook saya jadi nggak guna lagi, deh! Hahahaha…..

Desainnya Ergonomis.

Edisi lengkap, beratnya 1,25 kg. Jika layar dilepas hanya 900 gram saja. Selain itu, nyaman diajak bekerja berjam-jam karena tidak mudah panas, selain itu bentuknya juga sudah ergonomis. Saat dilepas dari docking keyboard, taruh saja di pangkuan dan menggambarlah selayaknya sketchbook. Enak banget buat drawing pokoknya! Ah, kayaknya saya bakalan berubah jadi ilustrator ini kalau pakai notebook secanggih ini hahaha

Inilah yang bikin saya kepincut dan menjadi pembeda dari produk sejenis lainnya. Acer melakukan lompatan jauh dengan menghadirkan stylus Active Pen yang responsif. Tak hanya sekedar berfungsi untuk mengetuk layar, fungsi stylus pen sudah sangat mumpuni untuk menggambar langsung di layar.

Teknologi penyimpanan sudah menggunakan SSD (Solid State Disk) 512 GB dan 256 GB

Adanya teknologi SSD ini memungkinkan aksi sleep mode aman dari guncangan, meskipun tablet tidak berada dalam posisi datar atau senantiasa melakukan on/off. Ini penting, buat yang sering mobile. Tidak perlu shut down, karena tidak ada lagi komponen yang berputar di dalam SSD, selayaknya harddisk konvensional.

Hardware Super Lengkap

Kalau emang kalian mau cari laptop yang multifungsi, nggak perlu nanggung-nanggung! Switch Alpha 12 udah punya lengkap all-in-one! Paket lengkap super komplit yang bisa kalian andalkan dalam segala kebutuhan digital. Saya aja sampai nggak bisa move on gara-gara perangkat ini sudah dilengkapi dengan port USB 3.0, USB 3.1 Type C, Audio in/out dan sebuah slot microSD. Kurang apalagi coba?

Kapasitas Baterai Super Josssss

Baterai berkapasitas 4.870mAh yang juga diklaim sebagai laptop dengan daya tahan terkuat dengan stand by maksimal hingga 8 jam! Duh, ini mah kalau ngafe dan lama-lama di kafe nggak perlu bawa charger juga aman karena baterai nggak bakalan drop. Pas banget lah pokoknya! Tas saya juga pasti makin enteng, nih! Haha…  

Windows Terbaru Windows 10

Siapa sih yang nggak ngiler kalau OS-nya udah terbaru gini. Yaps, Windows 10, lho! Ini sudah OS terbaru dari Windows yang nggak perlu diragukan lagi gimana appearance-nya yang cantik tapi tetap ringan untuk digunakan dan nggak bikin nge-lag! Apalagi, update terahir sistem terbaru dari Microsoft ini telah memberikan penggunaan layar sentuh secara full menggunakan stylus. Pokoknya super jooosss!!

Ah, nulis ini bikin mupeng rasanya pengen buru-buru punya Acer Switch Alpha 12 segera! Semoga bonusan tahun depan bisa deh buat boyong satu device keren ini! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *